Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Rabu, 14 September 2011

Tugas Sistem Operasi

Nama   : M. As'adi Sofyan                                       Prodi : DIII Manajemen Informatika
NIM      : 10.39010.0017
Jenis-Jenis  Sistem Operasi
1. DOS
    DOS adalah singkatan dari Disk Operating System. DOS merujuk pada perangkat sistem operasi yang   digunakan di banyak komputer yang menyediakan abstraksi dan pengelolaan perangkat penyimpan sekunder dan informasinya. Misalnya penggunaan sistem file yang mengelola file-file yang ada pada perangkat penyimpan.
2. UNIX
   UNIX adalah sistem operasi yang mula-mula dikembangkan oleh suatu kelompok di AT & T pada laboatorium Bell. Unix banyak digunakan baik untuk server maupun workstation.
3. Microsoft Windows
    Micosoft Windows atau orang lebih sering menyebut Windows saja pada awalnya hanyalah add-on dari MS-DOS karena tingginya tuntutan pada sistem operasi yang berbasis GUI. Sistem operasi windows pertama kali diperkenalkan tahun 1985.  Semulanya sistem operasi windows ini diperkenalkan dengan nama  Interface Manager. 
4. Apple Mac OS
    Apple Mac OS merupakan turunan dari UNIX melalui jalur BSD (Berkeley Software Distribution). Oleh karena itu kekuatan dalam multi-tasking, multi-user, networking yang ada pada UNIX juga dimiliki oleh Mac OS. Mac OS adalah sistem operasi berbasis GUI.
5. Linux
   Linux sangat mirip dengan sistem-sistem UNIX, hal ini dikarenakan kompatibilitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain dari proyek Linux. Perkembangan Linux dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds menulis Linux, sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC.
6. Macintosh
    Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. 
7. IBM OS/2
     IBM OS/2 adalah sistem operasi yang dibuat secara bersama-sama oleh International Business Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM PS/2, (pengganti komputer IBM PC/AT), sebagai pengganti sistem operasi DOS yang telah lama digunakan.  


Sumber :
http://volkshymne.blogspot.com/2009/05/jenis-jenis-sistem-operasi.html 
http://id.wikipedia.org/wiki/Macintosh
http://id.wikipedia.org/wiki/IBM_OS/2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar